Saturday, November 12, 2011

FAKTA dan Alasan Anak Komodo Manjat Pohon


PULAU KOMODO

KABAR APA SAJA - Komodo ternyata dikenal sebagai hewan pemakan sesama. Komodo dewasa yang mencapai panjang 3 meter dengan berat 90 kilogram ini tak segan memangsa hewan di sekitarnya termasuk keturunannya.

Lalu bagaimana anak komodo bertahan hidup dari serangan komode dewasa? Berdasarkan catatan Zoological Society of San Diego dan Zoological Society of London anak-anak komodo yang ukurannya di bawah 1,5 meter menyelamatkan diri dengan cara memanjat pohon.

Nah, di atas dahan itu, komodo kecil bertahan dengan memakan cecak, tokek, telur burung, dan berbagai serangga. Selain soal panjat pohon ada beberapa fakta unik hewan keturunan terakhir dari Dinosaurus ini bertahan hidup. Jika ini terus terjaga eksistensi Komodo bakal jauh dari kepunahan.

Kehidupan satwa komodo memang ditentukan oleh keberadaan mangsanya. Rusa merupakan makanan utama komodo dewasa. Sejumlah ahli menyimpulkan, untuk mempertahankan hidupnya, seekor komodo dewasa memerlukan minimal satu rusa dewasa setiap tahun.

Komodo pun membutuhkan naungan pepohonan. Maklum, komodo tak kuat terus-menerus tinggal di tempat terbuka yang panas. Di Pulau Komodo, Rinca, Gili Motang, dan Nusa Kode, hewan ini hidup di lembah-lembah yang relatif sejuk dan memiliki sumber air. Binatang ini tak bermigrasi melewati punggung bukit dan tempat terbuka yang panas.


Data dan Fakta Taman Nasional Komodo
1. Luas: 173.300 hektare
2. Curah hujan: 800-1.000 milimeter/tahun
3. Pulau Komodo ada 1.288 ekor
4. Pulau Rinca ada 1.336 ekor
5. Pulau Gili Motang ada 83 ekor
6. Pulau Nusa Kode 86 ekor


http://www.tempointeraktif.com/hg/kesra/2011/11/11/brk,20111111-366156,id.html

No comments:

Post a Comment