Sunday, January 1, 2012

TIPS :10 Langkah Agar Tetap Bugar Selama Liburan


KABAR APA SAJA-Musim libur Natal dan Tahun Baru bagi sebagian orang berarti bepergian. Tidak peduli apakah memang Anda punya rencana liburan atau hanya mengunjungi sanak keluarga yang kebetulan di luar kota, berada di luar rumah selain menambah pengeluaran biasanya juga akan menambah ukuran lingkar pinggang Anda.

Laman sheknows.com bertanya pada Veronica Tomor, penulis buku The L.E.A.N. Guide for the Business Traveler, untuk berbagi tip bagaimana menjaga berat badan yang sehat selama bepergian di musim liburan.

1. Hindari Perilaku Berlebihan

Liburan memang saatnya memanjakan diri dari waktu ke waktu, namun pelancong perlu mengatakan tidak kepada pola makan berlebihan, terutama di tempat makan yang menyediakan menu "all you can eat". Selain itu, hindari memesan makanan yang penuh lemak dan kalori. Pilih makanan sehat, seperti salad, daging yang penuh protein, dan sayuran yang dikukus, sebagai menu harian selama liburan dan jaga porsi makan Anda.

2. Membawa kudapan rendah kalori di dalam tas

Bepergian dari titik A ke titik B selama liburan bisa menjadi penuh tekanan dan banyak pelancong yang memutuskan membawa makanan yang buruk karena tidak tahu kapan waktu makan, terutama jika mereka membawa anak selama perjalanan tersebut. Membawa kudapan dan memenuhi tas Anda dengan buah-buahan atau campuran bisa memastikan Anda tidak akan pernah kelaparan. Semakin berenergi Anda, maka akan semakin terjaga Anda selama perjalanan.

3. Perhatikan Konsumsi Alkohol

Kalori dari alkohol bisa menjadi tambahan yang sangat cepat. Untuk menghindari konsumsi berlebihan, usahakan untuk menjalankan aturan "satu untuk satu". “Minum segelas air beralkohol atau soda dengan tambahan lemon akan membantu mengurangi konsumsi alkohol Anda,” ujar Tomor.

4. Minum Banyak Air

Haus bisa disalahartikan menjadi lapar. Dengan minum sedikitnya 8 gelas per hari atau lebih jika Anda pergi dengan menggunakan pesawat, mungkin membantu Anda mengurangi jumlah makanan yang akan dimakan dan terhindar dari makan berlebihan. Selain itu, adalah hal yang sangat penting untuk tetap menjaga hidrasi dalam tubuh, tidak peduli musim apa pun.

5. Selalu Mencari Waktu untuk Berolahraga

Bawa pakaian dan sepatu olahraga Anda selalu sehingga Anda tidak punya alasan untuk tidak berolahraga. Tomor menyarankan untuk merencanakan dan mencari tempat kebugaran atau trek lari di dekat hotel Anda jika hotel tidak menyediakan fasilitas untuk berolahraga. Anda juga bisa mengunggah video di laptop Anda atau membawanya dalam cakram yang bisa di bawa ke mana saja. "Pikirkan 'kapan’, bukan 'kalau' saat hendak berolahraga," ujarnya.

6. Jangan Pergi ke Restoran dalam Keadaan Lapar

Pergi liburan berarti juga makan di luar. Makan di restoran tidak hanya menghabiskan duit di dompet Anda, tapi juga berakibat pada lingkar pinggang Anda. Untuk menghindari sabotase diet Anda, Tomor menyarankan untuk menenangkan perut Anda dulu sebelum pergi ke restoran dengan cara minum air. Cara ini untuk mengurangi rasa lapar, lebih baik lagi jika air ditambah irisan lemon.

7. Katakan Iya untuk Salad

Saat Anda liburan, walaupun hanya kota terdekat saat mengunjungi keluarga, akan mudah untuk makan lebih dari biasanya. Hindari itu dengan memenuhi banyak sayuran di piring Anda, saran Tomor. “Segera saat Anda duduk untuk makan, pesan salad di antara makanan yang Anda pesan. Cara itu untuk menghindari makan keripik dan roti yang penuh dengan kalori,” ujarnya.

8. Perbanyak Ragam Makanan Saat di Restoran

Hindari makan makanan yang digoreng atau makanan dengan banyak saus dan krim. Anda juga bisa meminta kepada koki untuk menyiapkan makanan tanpa margarin atau sedikit margarin. Jika restoran sedang tidak sibuk, mungkin pesanan Anda akan bisa diakomodasi.

9. Lewatkan Makanan Mengandung Banyak Kalori

Satu sendok teh mayones memiliki 100 kalori. Kita tahu bumbu-bumbu membantu meningkatkan cita rasa makanan, tapi itu semua tentang pilihan yang pintar. "Jika Anda memerlukan tambahan bumbu, pilih yang rendah kalori, seperti mustard, yang hanya 3 kalori per sendok teh," ujarnya.

10. Tetap Berenergi Selama Makan

Memiliki makanan sehat selama perjalanan bisa membuat Anda dan keluarga tetap berenergi di antara waktu makan dan tidak akan pernah merasa lapar. “Masukkan kudapan di semua tas yang Anda bawa, sehingga Anda tidak akan mencari donat dan gorengan lain saat lapar,” ujar Tomor. Beberapa makanan yang siap bawa termasuk kudapan penuh protein, rendah gula, dan lemak.

http://www.tempo.co/read/news/2012/01/01/060374719/p-Tetap-Bugar-Selama-Liburan

No comments:

Post a Comment